Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERCEIVED SOCIAL SUPPORT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMK X PEKANBARU

Annisa Zufrikasari, - (2024) HUBUNGAN PERCEIVED SOCIAL SUPPORT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMK X PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)

Abstract

Pendidikan kejuruan memiliki tingkat tantangan dan hambatan yang lebih kompleks dibandingkan dengan sekolah umum. Berbagai tantangan dan hambatan yang dirasakan siswa selama menjalani studi di Sekolah Menengah Kejuruan diantaranya banyaknya hafalan mengenai zat-zat kimia, padatnya jadwal, pelajaran yang sulit, jarang adanya libur, praktek di laboratorium yang sering mendadak, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang tinggi, jauh dari orang tua sehingga harus mengurus kehidupan sehari-hari sendiri, ujian kompetensi farmakologi dan farmakognosi yang sulit hingga guru laboratorium yang killer, sehingga dibutuhkan respon yang tepat untuk bertahan dan bangkit agar stabilisasi proses pembelajaran tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perceived social support dengan resiliensi akademik pada siswa SMK X Pekanbaru. Peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 320 siswa yang dipilih dengan teknik convinience sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala Multidimentional Perceived Social Support Scale (MPSS) dan Academic Resilience Scale (ARS). Teknik analisis data menggunakan Pearson Correlation dengan nilai (r) sebesar 0,202 dan p 0,000 (p<0,05). Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perceived social support dengan resiliensi akademik pada siswa SMK X Pekanbaru. Hasil kategorisasi menunjukkan tingkat resiliensi akademik berada pada skor tinggi dan perceived social support pada skor sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRENI SUSANTI, -2024087601reni.susanti@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 21 Jul 2024 05:53
Last Modified: 21 Jul 2024 05:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83078

Actions (login required)

View Item View Item