Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP

Hana Rezki Yana, - (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TA-HANA BAB 1-5.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
TA-HANA BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 37 orang siswa. Data analisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan hasil nilai ulangan untuk mengukur kemampuan awal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemampuan awal, tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuci Yuniati, -2011068201suci.yuniati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:59
Last Modified: 19 Jul 2024 06:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83077

Actions (login required)

View Item View Item