Tria Mersi (2013) AKTIVITAS GURU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013355PIPS-E.pdf Download (682kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin jasmani dan rohani kearah kedewasaan. Untuk menghasilkan hal tersebut kompetensi guru sangat dibutuhkan, karena akan menentukan keberhasilan seorang siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar; 2) Bagaimana bentuk aktivitas guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar; 3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat yang di alami oleh guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Dalam penelitian ini populasi yang di ambil adalah seluruh guru pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri I Kampar berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tetang aktivitas guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut;(1) Aktivitas guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar, adalah “Baik” yakni pada rentang 84.44% ;(2) Bentuk aktivitas guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar, termasuk didalamnya adalah sebagai berikut: a) Memberikan Motivasi pada siswa; b) Menggunakan Metode bervariasi dalam mengajar;c) memberikan bimbingan secara intensif pada siswa; (3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat yang di alami oleh guru dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N I Kampar Kabupaten Kampar:1)Faktor Pendukung; a) Tersedianya fasilitas yang mendukung baik dari segi gedung dan sarana siswa untuk mengembangkan minat dan bakat siswa; b) Tersedianya guru-guru yang profesional dengan bidangnya masing-masing, terbukti hasil analisis dengan alternatif jawaban penelitian pada poin A dan B yakni 84.44%.;2) Faktor penghambat; a) Pola asuh dari orang tua yang kurang singkron dengan kegiatan dan aktifitas belajar anak disekolah; b) Teman sebaya yang selalu memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 03:59 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8307 |
Actions (login required)
View Item |