Nur Syamsi (2013) KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013233PIPS-E.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini hanya terdiri dari 1 variabel, yaitu kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Variabel penelitian inilah yang menjadi kajian permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objeknya adalah kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Kampar Timur yang berjumlah 2 orang, karena melihat bahwa jumlah populasinya tidak terlalu banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Jadi, semua subjek akan diteliti sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik diantaranya teknik observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur secara keseluruhan dikategorikan “Tinggi” dengan persentase sebesar 69% yang berada pada rentang 61%-80%. Kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur tergambar dari usaha-usahanya sebagai berikut: Guru menyampaikan materi pelajaran secara bertingkat (mulai dari yang mudah menuju yang sulit); Guru memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan siswa.; Guru menghubungkan materi pelajaran dengan suatu fakta/fenomena yang sudah diketahui kebanyakan siswa; Guru menghubungkan materi yang dipelajari dengan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya; Guru dan siswa saling berinteraksi dengan baik selama berlangsungnya proses pembelajaran; Guru mempersiapkan kelas agar rapi dan tenang sebelum memulai pelajaran; Guru memotivasi siswa untuk berkompetisi secara sehat dalam belajar; Guru memberikan hadiah bagi siswa yang aktif dan berprestasi dalam belajar; Guru menggunakan metode belajar yang bervariasi dan Guru memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 03:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8303 |
Actions (login required)
View Item |