Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

RANDY PRATAMA RAMADHANI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Randy Pratama R, (2024): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Pekanabru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 392. Sampel penelitian di kelas X7 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning di SMA Negeri 2 Pekanbaru tergolong baik dengan rata-rata persentase 72,14% dan aktivitas belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik dengan rata-rata persentase 74,96%. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Pekanbaru yang ditunjukkan dengan nilai rxy= 0,616 lebih besar dari nilai r table pada taraf siqnifikansi 5% maupun 1% (0,374 < 0,616 > 0,478). Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem based learning, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFRIDA2013016601mamadzaky281107@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 08:35
Last Modified: 20 Jul 2024 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83011

Actions (login required)

View Item View Item