Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PT RIAU SEMESTA BIOMASSA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

SAFITRI YANTI, - (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PT RIAU SEMESTA BIOMASSA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya organizational citizenship behavior (OCB) pada PT. Riau Semesta Biomassa terkihat dari banyaknya karyawan yang terlambat masuk kerja, kemudian karyawan jarang mengerjakan tugas diluar pekerjaan pokok, kurangnya kerjasama karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga terkesan kurang baik bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior, serta tinjauan perspektif ekonomi syariah mengenai kepemimpinan transformasional dan OCB. Penelitian ini berlokasi pada PT. Riau Semesta Biomassa penyimpanan cangkang sawit di Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini menggunakan jenis lapangan (field research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 57 responden dengan menggunakan Teknik Pengambilan sampel non probability sampling tepatnya menggunakan sampel aksidental artinya siapa saja yang tidak sengaja bertemu dengan peneliti maka karyawan tersebut dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menngunakan angket (kuesioner) . teknik analisis data regresi liniear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil pengujian regresi linear sederhana diperoleh hasil persamaan Y= 118.840+ 444+ -365+ -277+ -1.511, pengujian parsial atau individual variabel Pemimpin idel/karismatik thitung sebesar 0.688 > ttabel 1.673, variabel motivasi isnpirasional thitung sebesar -544 > ttabel 1.673, stimulasi intelektual thitung -413 > ttabel 1.673, pertimbangan individual thitung sebesar -1.586 > 1.673 yang mana berpengaruh negatif yang kuat dan tidak signifikan. Hasil uji koefisien deteminasi (R2) meenunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB) sebesar 13.3% sedangkan sisanya yaitu 86.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi syariah, kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior untuk mencapai tujuan bersama dan lingkungan kerja yang inklusif, beretika dan berkelanjutan dengan memperkuat nilai-nilai etis dalam pengelolaan perusahaan hal ini dibuktikan dengan kepemimpinan melakukan karyawannya dengan, adil, amanah dan kuat. dalam hal ini organizational citizenship behavior sebagai bentuk kerja sama, tolong menolong dalam meningkatkan efektivitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAWARDI, -2018098602Mawardi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMadona Khairunisa, -2018098602Madonakhairunisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:18
Last Modified: 21 Jul 2024 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83004

Actions (login required)

View Item View Item