Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Pendistribusian Wakaf Pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Fikih muamalah

Nur Hasanah, - (2024) Efektivitas Pendistribusian Wakaf Pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Fikih muamalah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Hasanah (2024): Efektivitas Pendistribusian Wakaf Pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Fikih muamalah Wakaf merupakan suatu perbuatan hukum berupa penyerahan sebagian harta miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau sementara waktu untuk tujuan ibadah ataupun sosial yang sesuai dengan syariat Islam. Wakaf dinilai menjadi suatu media untuk mendatangkan kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam implementasinya wakaf merupakan salah satu akad tabarru' yang mempunyai tujuan kemanusiaan. Namun dalam pendistribusian wakaf terkadang memiliki kendala baru yaitu setelah dilaksanakan program tetapi sering kali tidak menjadikan masyarakat sejahtera bahkan kadang program tidak sesuai dengan permasalahan masyarakat di Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Proses Pendistribusian wakaf pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru. Bagaimana efektivitas pendistribusian wakaf pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru dalam menjalankan program-program wakaf. Bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap efektivitas pendistribusian wakaf pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Pendistribusian Wakaf pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui Efektivitas Pendistribusian Wakaf pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru. Untuk Mengetahui Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Efektivitas Pendistribusian Wakaf Pada Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru. Penelitian ini bersifat kualitatif yang merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa proses pendistribusian wakaf terhadap program-program wakaf di Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru di tinjau menurut Fikih Muamalah dilakukan dengan mengidentifikasi masalah untuk umat dan barulah di buat program. Wakaf di Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru tidak mendistribusikan aset wakaf tetapi manfaat dari wakaf .Efektivitas pendistribusian wakaf terhadap program-program wakaf di Badan Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru (YTWU) secara garis besar sudah memenuhi kriteria efektivitas. Hal tersebut berdasarkan pada pendistribusian pada tahun 2023 sebesar Rp. 41.982.988.180,00 sedangkan nominal jumlah pendapatan Rp. 44.900.023.875,44 maka dana yang tersisa yaitu Rp. 2.917.035.695,44. Namun pencapaian YTWU dinyatakan efektif (berhasil), Kata kunci: Efektivitas, Pendistribusian, Wakaf, Yayasan Tabung Wakaf Umat Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasmidin2017086801kasmidinarabiy@gmail.com
UNSPECIFIEDJumni Nelli2028067201jumni.nelli@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 09:13
Last Modified: 20 Jul 2024 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82959

Actions (login required)

View Item View Item