Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI IKAN DARI HASIL TANGKAPAN MENGGUNAKAN ZAT KIMIA POTASIUM CIANIDA (Studi Kasus di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan. Singingi Hilir, Kabupaten. Kuantan Singingi)

KHAILA TRI ZAHARA, - (2024) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI IKAN DARI HASIL TANGKAPAN MENGGUNAKAN ZAT KIMIA POTASIUM CIANIDA (Studi Kasus di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan. Singingi Hilir, Kabupaten. Kuantan Singingi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khaila Tri Zahara (2024) : Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Ikan Dari Hasil Tangkapan Menggunakan Zat Kimia Potasium Cianida (Studi Kasus di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan. Singingi Hilir, Kabupaten. Kuantan Singingi) Penelitian ini dilatar belakangi oleh penjual yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan zat kimia potasium cianida. Yang mana ikan dari hasil tangkapan tersebut tidak di konsumsi sendiri melainkan diperjual belikan kepada warga sekitar. Rumusan masalah dalam peneltian ini yaitu apa latar belakang penangkapan ikan dengan menggunakan zat kimia potasium cianida, bagaimana proses jual beli ikan hasil dari tangkapan menggunakan zat kimia potasium cianida dan bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah terhadap jual beli ikan dari hasil tangkapan menggunakan zat kimia potasium cianida. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang dari proses penangkapan ikan menggunakan zat kimia potasium cianida, lalu untuk mengetahui proses jual beli ikan menggunakan zat kimia potasium cianida, dan untuk mengetahui tinjauan Fiqih Muamalah terhadap jual beli ikan menggunakan zat kimia potasium cianida. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan. Singingi Hilir, Kabupaten. Kuantan Singingi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah penjual dan pembeli yang menggunakan zat kimia potasium cianida. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 13 orang yang terdiri dari 8 penjual dan 5 pembeli ikan dari hasil tangkapan menggunakan zat kimia potasium cianida di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan, Singingi Hilir, Kabupaten. Kuantan Singingi. Sample dalam penelitian ini diambil 5 penjual dan 4 pembeli dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar belakang dari hasil tangkapan menggunakan zat kimia potasium cianida tersebut agar dapat memudahkan penjual dalam menangkap ikan dalam waktu yang cepat dan efisien, lalu proses jual beli ikan dari hasil tangkapan menggunakan zat kimia potasium cianida tersebut mereka tidak tetap dalam meletakkan harga, dan menurut tinjauan Fiqih Muamalah terhadap jual beli ikan dari hasil tangkapan menggunakan zat kimia potasium cianida ini dipandang tidak sah, karena dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan konsumen dan lingkungan. Dalam tinjauan Fiqih Muamalah, jual beli ikan menggunakan zat kimia potasium cianida ini bisa dianggap sebagai bentuk penipuan dan merugikan orang lain, sehingga tidak diperbolehkan. Kata kunci: Fiqih Muamalah, Jual Beli, Potasium Cianida

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamiruddin, -2018107701kamir.ruddin@yahoo.com
Thesis advisorSuhayib, -2031126301suhayib@uin.suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2024 03:35
Last Modified: 21 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82954

Actions (login required)

View Item View Item