Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PULSA M-KIOS PADA PT. MEDIA SWARA PRIMA PEKANBARU DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH

LISA SEPTIANI, - (2024) PENGARUH HARGA DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PULSA M-KIOS PADA PT. MEDIA SWARA PRIMA PEKANBARU DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

ABSTRAK Lisa Septiani, (2024): Pengaruh Harga dan Biaya Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Pulsa M-Kios Pada PT. Media Swara Prima Pekanbaru Ditinjau Dari Ekonomi Syariah Penelitian ini di latar belakangi oleh peningkatan penjualan pada PT. Media Swara Prima Pekanbaru dimana perusahan tersebut mengalami naik turunnya penjualan di beberapa tahun. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, pengaruh harga dan biaya promosi terhadap peningkatan penjualan pulsa m-kios secara parsial dan simultan pada PT. Media Swara Prima Pekanbaru, pandangan ekonomi syariah terhadap harga dan biaya promosi terhadap peningkatan penjualan pulsa M-Kios pada PT. Media Swara Prima Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh harga dan biaya promosi terhadap peningkatan penjualan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu, data Laporan Keuangan PT. Media Swara Prima Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari 36 bulan yang di ambil dari tahun 2021-2023. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil (Uji t) pada harga (X1) nilai t hitung < t tabel harga (X1) (-7,796< 2,034) dengan nilai signifikan < 0,05 (0, 000 < 0,05) dan biaya promosi (X2) diperoleh nilai t hitung > t tabel (11,188 > 2,034), dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05), dan nilai koefisien regresi pada variabel harga sebesar -2318,890 dan biaya promosi sebesar 0,022. Sedangkan untuk nilai uji F diperoleh F hitung = 64,086 > nilai F tabel = 3,28 atau dengan tingkat kepercayaan (signifikansi) = 0,000 < α = 0,05 maka Hα diterima dan Ho ditolak dengan nilai (R2) sebesar 0,783 artinya kontribusi harga, dan biaya promosi memiliki pengaruh terhadap peningkatan penjualan sebesar 78,3%, sedangkan sisanya sebesar 21,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (peningkatan penjualan). Ditinjau dari ekonomi syariah penetapan harga, biaya promosi serta peningkatan penjualan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah karena tidak mengambil keuntungan secara berlebihan dan produk yang di jual juga bukan barang yang haram atau di larang oleh Islam. Kata Kunci: Harga, Biaya Promosi, Dan Peningkatan Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJenita1026016501djasmanjenita@yahoo.co.id
Thesis advisorBasyir2015058202basyir@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2024 03:54
Last Modified: 21 Jul 2024 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82928

Actions (login required)

View Item View Item