Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARMAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGHADAPI QUARTER LIFE CRISIS (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa UIN Suska Riau)

RIA RAWAIDA, - (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARMAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGHADAPI QUARTER LIFE CRISIS (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa UIN Suska Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ria Rawaida Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Komunikasi Interpersonal Antarmahasiswa Tingkat Akhir dalam Menghadapi Quarter Life Crisis (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa UIN Suska Riau) Mahasiswa tingkat akhir termasuk individu yang rentan mengalami fase quarter life crisis karena mahasiswa tingkat akhir berada dalam kondisi transisi sosial sehingga perlu adanya keterlibatan mahasiswa tingkat akhir dalam komunikasi interpersonal dengan sesamanya sebagai ruang untuk membuka diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomenologi komunikasi interpersonal antar mahasiswa tingkat akhir di UIN Suska Riau dalam menghadapi quarter life crisis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian yaitu delapan orang mahasiswa tingkat akhir yang memenuhi karakteristik yang dibutuhkan penulis. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi software NVivo 12 Pro. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan pada penelitian ini, didapatkan tiga indikator dalam fenomenologi komunikasi interpersonal antarmahasiswa tingkat akhir UIN Suska Riau yang menghadapi quarter life crisis yaitu motif, makna, dan pengalaman komunikasi interpersonal antarmahasiswa. Motif komunikasi interpersonal antarmahasiswa tingkat akhir adalah agar diapresiasi, berbagi pengalaman, memotivasi dalam menyelesaikan skripsi, mencari solusi, mendapatkan pencerahan, agar mendapatkan dukungan emosional, bertukar pikiran, mencari referensi dan tips, dan menghilangkan stress. Makna komunikasi interpersonal antarmahasiswa tingkat akhir adalah bangga dengan diri sendiri, memotivasi, semangat, tidak merasa sendiri, tenang, mendapatkan pemahaman baru, lebih percaya diri dan mendapatkan dorongan. Pengalaman komunikasi interpersonal antarmahasiswa tingkat akhir yaitu dampak interaksi terhadap motivasi, hambatan dalam komunikasi interpersonal, mendapatkan saran dan dukungan, mengatasi krisis dengan menemukan orang yang tepat, mendapatkan sudut pandang yang berbeda, komunikasi interpersonal dalam lingkaran pertemanan, tidak memiliki pengalaman komunikasi yang berarti, dan pengalaman komunikasi yang berkesan. Kata Kunci : Quarter Life Crisis, Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa Tingkat Akhir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardhiah Rubani, -2003027901mardiah.rubani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:50
Last Modified: 19 Jul 2024 00:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82925

Actions (login required)

View Item View Item