Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN PENGETAHUAN GIZI IBU DENGAN STUNTING PADA BALITA USIA 6-23 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA

SHENNY MAIRI, - (2024) HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN PENGETAHUAN GIZI IBU DENGAN STUNTING PADA BALITA USIA 6-23 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

Periode 1000 hari pertama kehidupan merupakan titik kritis sebagai awal terjadinya stunting yang selanjutnya akan memberikan dampak jangka panjang hingga akan berulang dalam siklus kehidupan. Stunting dipengaruhi beberapa faktor diantaranya pemberian ASI eksklusif dan pengetahuan gizi ibu. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif dan pengetahuan gizi ibu dengan stunting pada balita usia 6-23 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Tembilahan Kota. Penelitian dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Tembilahan Kota. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Januari sampai dengan Februari 2024. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan Ibu yang memberikan ASI eksklusif sebanyak 33,9%, dan mayoritas ibu tidak memberikan ASI eksklusif sebanyak 66,1%. Ibu yang memiliki pengetahuan gizi kurang sebanyak 45,2%. Balita yang mengalami stunting sebanyak 41,9%. Hasil uji statistik chi square menujukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian ASI eksklusif dan pengetahuan gizi ibu dengan stunting (p value < 0,05) dengan nilai odds ratio pemberian ASI eksklusif sebesar 13,412. Kesimpulan terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dan pengetahuan gizi ibu dengan stunting pada balita usia 6-23 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Tembilahan Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovfitri Syuryadi, -1044277901novfitri.s@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jul 2024 03:44
Last Modified: 21 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82916

Actions (login required)

View Item View Item