Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK FUNGSI MONITORING PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA SEBAGAI MEDIA PENGAMBILAN KEPUTUSAN

VIKI KURNIAWAN, - (2024) PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK FUNGSI MONITORING PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA SEBAGAI MEDIA PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Learning Management System (LMS) merupakan penerapan dari model pembelajaran berbasis teknologi informasi yang memiliki beberapa fitur untuk mendukung proses kegitan belajar mengajar secara daring. LMS masih dapat dikembangkan dengan menambahkan Artificial Intelligents berupa sistem pakar ke dalam LMS. Dengan pengembangan ini, LMS dapat membantu menyelesaikan masalah dalam ruang lingkup pendidikan seperti pendidikan lanjut dan minat. Dalam konteks ini, masih terdapat siswa yang bingung dan tidak mengetahui minatnya dalam suatu bidang. Sehingga masih ditemui kasus siswa yang salah dalam memilih jurusan. Indonesia Career Center Network (ICCN) dalam survei menyatakan sebanyak 87% mahasiswa merasa jurusan yang dipilih tidak sesuai minatnya. Penelitian ini membangun sistem pakar penentuan minat siswa untuk mendukung pemilihan jurusan. Sistem pakar ini menggunakan metode Certainty Factor serta diadaptasi dari alat tes minat RIASEC. Berdasarkan hasil pengujian UAT, diketahui bahwa nilai variabel Kemampuan Akses Sistem (91,2%), Komponen Navigasi (89,6%), Komponen Proses (90,6%), Komponen Desain (83,4%) dan Kemampuan Memberikan Informasi sebesar (86,4%). Secara keseluruhan, pengembangan LMS dengan penambahan sistem pakar dapat berjalan dengan baik dengan tingkat penerimaan sebesar 88,76%. LMS dapat memonitoring hasil uji siswa yang dapat dijadikan acuan dalam pemilihan jurusan untuk perencanaan studi lanjut siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRice Novita, -2027118501rice.novita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:33
Last Modified: 18 Jul 2024 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82897

Actions (login required)

View Item View Item