Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEMAHAMI AYAT-AYAT ZIKIR MELALUI METODE MA’NA CUM MAGHZA

NADIAH AZIZAH ARISA WIJAYA, - (2024) MEMAHAMI AYAT-AYAT ZIKIR MELALUI METODE MA’NA CUM MAGHZA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

NADIAH AZIZAH ARISA WIJAYA (2024):MEMAHAMI AYAT-AYAT ZIKIR MELALUI METODE MA’NA CUM MAGHZA Esensi dari penciptaan manusia adalah untuk menyembah dan beribadah kepada Allah, selain shalat banyak ibadah yang menghantarkan manusia untuk terus bergantung kepada Allah SWT salah satunya adalah Zikir, Zkir merupakan ibadah yang bisa kita lakukan kapan pun dan dimana pun tanpa harus terhalang apapun. Jika dalam shalat ada beberapa faktor yang menghalang manusia untuk menegakkan nya maka itu tidak berlaku pada ibadah zikir, seperti wanita nifas dan haid pun tidak ada larangan untuk selalu berzikir kepada Allah SWT. Akan tetapi tak banyak yang memahami esensi ini maka dari itu pada dalam penelitian ini penulis akan memaparkan terkait penafsiran ayat-ayat zikir kemudian menelaah manfaat serta keutamaan yang ada pada ayat-ayat zikir dengan menggunakan teori pendekan Ma‟na cum Maghza. Dengan ini akan memberikan kita pemahaman terkait keutamaan dan manfaat zikir. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang mengambil data dan informasi yang berasal dari material yang terdapat di ruang perpustakaan, seperti buku, majalah, dokumen, catatan,kisah-kisah sejarah, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif analisis yaitu mendeskripsikan terlebih dahulu hal yang berkaitan dengan zikir dan teori ma‟na cum maghza yang diperoleh dari sumber primer seperti tafsir al-munir, tafsir al-qurtubi, tafsir al misbah serta buku-buku dan literatur terkait, kemudian melakukan analisis terhadap ayat-ayat zikir yang telah dideskripsikan, dengan menafsirkan ayat-ayat al-Qur`an dan memaparkan segala aspek yang terkandung didalamnya serta menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan ayat seperti Makna lafaz, Asbabun nuzul sesuai dengan langkah-langkah teori ma‟na cum maghza yang di gunakan. Dan pada akhir pembahasan penelitian ini menyimpulkan bahwa zikir memiliki banyak makna serta memiliki maksud dan tujuan berbeda beda, diantara nya ada yang dimaksud dengan menginat Allah ketika sudah memasuki waktu shalat, ada yang mengingat Allah dengan cara bertafakur Alam dari segala bentuk pencipta alam, serta konteks mengingat Allah dalam keadaan shalat. Sehingga dari teori ini kita temukan banyak cara mengingat Allah untuk menabah keyakinan kita kepada-Nya serta mengokohkan Aqidah dan tauhid kita kepada Allah SWT. Keyword : Zikir, Ma‟na cum Maghza, tafsir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhairunnas Jamal2005117301KhairunnasJamal@uin-suska.ac.id
Thesis advisorLukmanul Hakim2002058901Lukmanul Hakim@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:27
Last Modified: 18 Jul 2024 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82840

Actions (login required)

View Item View Item