Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SELF-COMPASSION DAN PERCEIVED SOCIAL SUPPORT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI SISWA SMA X DI BENGKALIS

ANNISAK ROFIFAH, - (2024) HUBUNGAN SELF-COMPASSION DAN PERCEIVED SOCIAL SUPPORT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI SISWA SMA X DI BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISAK ROFIFAH GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Setelah dua tahun pandemi covid-19 melanda Indonesia, keadaan perlahan membaik sehingga mengharuskan individu untuk beradaptasi kembali dengan aktivitasnya. Namun, adaptasi ini menimbulkan berbagai hambatan dalam kehidupan khususnya di bidang akademik. Resiliensi akademik merupakan modal yang harus dimiliki siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang sedang dijalani. Resiliensi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, yaitu self-compassion dan perceived social support. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dan perceived social support dengan resiliensi akademik pada siswa SMA X di Bengkalis pasca pandemi covid-19. Sampel berjumlah 106 yang ditentukan dengan teknik quota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Academic Resilience Scale (ARS-30), Skala Welas Diri, dan Multidimensional Scale of Perceived social support (MSPSS). Berdasarkan analisis regresi menunjukkan adanya hubungan antara self-compassion dan perceived social support dengan resiliensi akademik pada siswa dengan nilai R=.575, F=71.957 dan p<0.05 yang artinya penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan positif antara self-compassion dan perceived social support dengan resiliensi akademik pada siswa SMA X di Bengkalis. Self-compassion dan perceived social support penting dimiliki siswa karena dapat membantu dalam proses resiliensi akademik. Dalam penelitian ini self-compassion lebih besar memengaruhi resiliensi akademik dibandingkan dengan perceived social support. Kata kunci: pasca pandemi covid-19; siswa; resiliensi akademik; self-compassion; perceived social support

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnggia Kargenti Evanurul Marettih, -2012038101anggia.kargenti@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:14
Last Modified: 18 Jul 2024 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82831

Actions (login required)

View Item View Item