Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENINGKATAN LABA PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU NUSANTARA CABANG PEMBANTU PEKANBARU

KRESPO AL MUFID, - (2024) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENINGKATAN LABA PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU NUSANTARA CABANG PEMBANTU PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Krespo Al Mufid (2024) : Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Peningkatan Laba Pada BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pekanbaru. Lembaga keuangan di Indonesia mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya pemikiran masyarakat tentang sistem syariah yang tanpa bunga dan riba. Berjalannya kegiatan perekonomian yang dilakukan masyarakat tentu membutuhkan modal dana yang cukup besar, sehingga kebanyakan dari masyarakat pembisnis (entrepeneur) bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS). BMT UGT Nusantara merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan dan juga memberikan jasa-jasa pembiayaan yang sama seperti bank syariah, di antaranya yaitu pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah terhadap tingkat peningkatan laba secara parsial dan simultan pada BMT UGT NUSANTARA Cabpem PEKANBARU. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian korelasi yang merupakan bagian dari penelitian kuantitatif untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, tanpa melakukan perubahan tambahan, atau manipulasi terhadap data yang sudah ada. pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah sebagai variabel independen, sedangkan Peningkatan laba sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah secara simultan berpengaruh terhadap Peningkatan laba, dan secara parsial pembiayaan mudharabah berpengaruh signifikan dan pembiayaan murabahah tidak signifikan berpengaruh terhadap peningkatan laba. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis. Uji F diperoleh nilai F hitung dan F tabel sebesar (5.564 > 3.25) dengan tingkat kepercayaan signifikansi (0,008 < 0,05). sementara untuk uji t pembiayaan mudharabah memperoleh t hitung dan t tabel sebesar (2.943 > 1.991) dengan tingkat kepercayaan signifikansi,( 0.006 < 0,05) dan pembiayaan murabahah t hitung dan t tabel sebesar (-2.014 < 1.991) dengan tingkat kepercayaan signifikansi (0,051 > 0,05). Kata Kunci:,pembiayaan mudharabah,,pembiayaan murabahah,peningkatan laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyahpawi, -2007037301syahpawi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDarnilawati, -2020047902darnilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 05:23
Last Modified: 20 Jul 2024 05:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82828

Actions (login required)

View Item View Item