Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTIK SEWA MENYEWA SAWAH DENGAN SISTEM PEMBAYARAN HASIL PANEN MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Nyiur Permai Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir)"

SALMIAH, - (2024) PRAKTIK SEWA MENYEWA SAWAH DENGAN SISTEM PEMBAYARAN HASIL PANEN MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Nyiur Permai Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir)". Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salmiah (2024). Praktik Sewa Menyewa Sawah Dengan Sistem Pembayaran Hasil Panen Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Nyiur Permai Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir)". Praktik sewa menyewa sawah di Indragiri Hilir dilakukan dengan kesepakatan diawal perjanjian antara pemilik lahan dan penyewa yang akadnya hanya dilakukan secara lisan. Di Desa Nyiur Permai Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir terdapat permasalahan yang seringkali terjadi, seperti penyewa tidak membayar sawah yang disewa sesuai dengan kesepakatan awal karena gagal panen. Dari masalah tersebut peneliti ingin mengkaji dan membahas lebih dalam permasalahan ini menurut hukum ekonomi syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana praktik sewa menyewa sawah dengan sistem pembayaran hasil panen, Apa Saja Masalah Yang Ditimbulkan Dari Praktek Sewa Menyewa Sawah Dengan Sistem Pembayaran Hasil Panen di Desa Nyiur Permai, serta Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktek Sewa Menyewah Sawah Dengan Sistem Pembayaran Hasil Panen di Desa Nyiur Permai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui masalah praktik sewa menyewa sawah dengan sistem pembayaran hasil panen, mengetahui masalah yang di timbulkan dari praktik sewamenyewa sawah dengan sistem pembayaran hasil panen di Desa Nyiur Permai, mengetahui tinjauan hukun Ekonomi Syariah terhadap praktik sewa menyewa sawah dengan sistem pembayaran hasil panen di Desa Nyiur Permai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Nyiur Permai Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir.. Adapun populasi yang digunakan adalah masyarakat Desa Nyiur Permai dengan jumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan Total Sampling Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sewa menyewa sawah dengan sistem bayar musim panen di Desa Nyiur Permai dilakukan secara lisan, karena didasari atas dasar rasa kepercayaan diantara kedua belah pihak. Serta pada setiap musim panen tiba penyewa masih harus memberikan hasil panen kepada pemilik sawah. Sewa menyewa sawah dengan sistem bayar musim ini menurut hukum ekonomi syariah belum sesuai karena adanya unsur ketidak jelasan pembayaran setelah panen. Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Sewa menyewa, Hasil panen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD NURWAHID, -2001017102muhammad.nurwahid@uin-suska.ac.id
Thesis advisorZAINAL ARIFIN, -2004076501zainalarifinnn2018@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:11
Last Modified: 20 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82797

Actions (login required)

View Item View Item