Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DECISION MAKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU

FEBRY IRWANSYAH PASARIBU, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DECISION MAKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febry Irwansyah Pasaribu, (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Decision Making terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan guru masih dominan menggunakan pendekatan teacher centered yaitu berpusat kepada guru dan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi ekperimental design, dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru yang berjumlah 254 Siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini ialah kelas VIII HJ berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII HN berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai lebih besar dari pada taraf signifikan 5% (3,447 > 1,677) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) < (0,001< 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 85,60 lebih tinggi dari kelas kontrol 74,80. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARWAN, -2001046401marwan.uin68@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:58
Last Modified: 20 Jul 2024 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82780

Actions (login required)

View Item View Item