Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI HADIS RUQBA DENGAN PASAL 211 KOMPILASI HUKUM ISLAM

HELPRIANSYAH, - (2024) KORELASI HADIS RUQBA DENGAN PASAL 211 KOMPILASI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV ANALISIS DATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Korelasi Hadis Ruqba Dengan Pasal 211 Kompilasi Hukum Islam”. Pada prinsipnya pemberian kepada orang lain harus dilakukan dengan sukarela. Namun ada pemberian yang disertakan dengan syarat yang dikenal sebagai ruqba. Ruqba merupakan salah satu bentuk akad dalam hukum Islam yang berkaitan dengan hibah dan warisan, di mana pemberi hibah mengharapkan harta yang dihibahkan akan kembali jika penerima hibah meninggal dunia sebelum pemberi hibah. Maka pembahasan kali ini adalah bagaimana status hadis ruqba. Bagaimana korelasi hadis ruqba dengan pasal 211 kompilasi hukum islam. Dari permasalah ini maka dapat dirumuskan masalah yaitu. Bagaimana status dan pemahaman hadis tentang ruqba. Bagaimana korelasi hadis ruqba terhadap pasal 211 kompilasi hukum islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data pada penelitian ini adalah hadis nabi SAW tentang ruqba dan pasal 211 kompilasi hukum islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep ruqba dalam hadis dan menganalisis hubungannya dengan pasal 211 kompilasi hukum islam. Konsep ruqba dalam hadis tersebut berkaitan dengan pemberian barang kepada orang lain disertai dengan syarat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam memahami konsep ruqba secara komprehensif dan menjadi rujukan untuk memberikan harta kepada orang lain. Kata kunci : Korelasi, Ruqba, Hadis, Kompilasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZikri Darussamin2015056001zikridarussamin1961@gmail.com
Thesis advisorSukiyat2010107001sukiyat@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 20 Jul 2024 06:15
Last Modified: 20 Jul 2024 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82762

Actions (login required)

View Item View Item