Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI MASYARAKAT DESA PADA PENGELOLAAN DANA KEMATIAN DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM DI DESA MEREMPAN HILIR KABUPATEN SIAK

Tia Nadila, Tia (2024) STRATEGI MASYARAKAT DESA PADA PENGELOLAAN DANA KEMATIAN DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM DI DESA MEREMPAN HILIR KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini di Latar belakang oleh pengelolaan dana kematian, sudah seharusnya pemerintah daerah menggunakan kewenangannya untuk mengatasi masalah terkait jaminan kematian. Namun, dalam realita kehidupan saat ini negara belum mampu memberikan garansi bagi masyarakat terhadap kesejahteraan. Meskipun berbagai program telah dilaksanakan, hanya segelintir kelompok di dalam masyarakat yang mampu memperolehnya, menyisakan kelompok yang lain tetap berada pada kondisi kerentanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Masyarakat Desa pada pengelolaan dana kematian di Desa Merempan Hilir Kabupaten Siak, Bagaimana Strategi Masyarakat Desa pada pengelolaan dana kematian dalam pandangan ekonomi islam di Desa Merempan Hilir Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengurus dana kematian di Desa Merempan Hilir Kabupaten Siak berjumlah 5 orang. Semua populasi di jadikan Sampel karena menggunakan Teknik Total sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan hasil bahwa Pelaksanaan stategi pemerintah desa dalam pengelolaan dana kematian di Desa Merempan Hilir telah dilakukan oleh pengelola dana kematian selaku pengurus dana kematian di Desa Merempan Hilir Kabupaten Siak. Berdasarkan beberapa pertanyaan yang kami ajukan kepada responden dapat diketahui pengelolaan dana kematian bertujuan untuk meringankan beban bagi masyarakat yang terkena musibah (kematian) berdasarkan stategi perencanaan, pengelolaan dan pelaporan atas dasar saling percaya dan transparansi, dilaporkan perempat bulan satu kali dan pertahun. Pandangan Ekonomi Islam dalam Strategi Masyarakat Desa dalam pengelolaan dana kematian di Desa Merempan Hilir tidak bertentangan dengan syariat islam. Karena dalam pengelolaan dana kematian di Desa Merempan Hilir, dilaksanakan dengan asas tolong menolong (ta’awun) dalam kebaikan serta melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim dalam memudahkan urusan sesama muslim agar terhindar dari dosa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamsurizal, -2016128001syamsurizal@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMuhamad Nurwahid, -2001017102muhammad.nurwahid@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Stategi Masyarakat Desa, Pengelolaan Dana Kematian dan, Ekonomi Syariah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:17
Last Modified: 20 Jul 2024 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82733

Actions (login required)

View Item View Item