Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DIMENSI PENAFSIRAN DAKWAH WAL HARAKAH DALAM AL – QUR’AN MENURUT TAFSIR AL –AZHAR (Studi Terhadap Ayat-Ayat Tabligh Dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar)

TAUFIQ HIDAYATULLAH, - (2024) DIMENSI PENAFSIRAN DAKWAH WAL HARAKAH DALAM AL – QUR’AN MENURUT TAFSIR AL –AZHAR (Studi Terhadap Ayat-Ayat Tabligh Dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TAUFIQ HIDAYATULLAH (2024) : DIMENSI PENAFSIRAN DAKWAH WAL HARAKAH DALAM AL – QUR’AN MENURUT TAFSIR AL –AZHAR (Studi Terhadap Ayat-Ayat Tabligh Dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar) Kajian ini membahas penafsiran dakwah wal harakah dalam al-Qur‟an studi terhadap ayat-ayat tabligh dan amar ma‟ruf nahi munkar. Dakwah harakah adalah dakwah pergerakan, fenomena dakwah ini terjadi pada zaman sekarang dimana dakwah harakah ini memadukan konsep pemikiran dan pergerakan. Artinya pergerakan Islam yang waqi‟yyah (realistis) pergerakan Islam yang bersifat sosiologis dan fungsional. Kemudian harakiyyah (dinamis) gerakan Islam memiliki tahapan-tahapan tersendiri, dan mempunyai tujuan yang tetap atau metode pergerakan tersebut tidak membenarkan segala cara. Maka penelitian ini mengkaji dakwah harakah menurut tafsir al-Azhar. Penelitian ini bersifat bersifat penelitian kepustakaan (library research). Dan metodologi yang digunakan adalah metodologi tematik. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dan disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur‟an dan kitab tafsir sebagai data primer dan buku-buku, jurnal literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini yaitu dakwah harakah dengan menyampaikan wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan menumpas kemunkaran yang berada di kalangan masyarakat, dengan menggunakan kalimat yang baik sehingga dapat mudah difahami. Kata Kunci: Tafsir, Dakwah wal Harakah, Tabligh, Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhairunnas Jamal, -2005117301Khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
Thesis advisorErman Ghani, -2017127501Ermanghani@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:02
Last Modified: 20 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82725

Actions (login required)

View Item View Item