Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

ATTIKA SAHARA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-Modul SSI teintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan pretest posttest control grup design. Objek penelitian yaitu siswa kelas VII dengan sampel sebanyak dua kelas. Sejumlah 46 siswa yang dipilih dengan metode simple random sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-Modul SSI teintegrasi nilai keislaman pada materi pemanasan global. Data test dianalisis menggunakan uji t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 16 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-Modul SSI teintegrasi nilai keislaman dan siswa yang memperolah pembelajaran dengan model konvesional pada materi pemanasan global di kelas VII Mts. Hasil uji regresi pada variabel independen dan dependen menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dengan kedua variabel yaitu keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), E-Modul SSI, Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Kemandirian Belajar Siswa, Pemanasan Global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIKI DIAN PERMANA P., -2031038803niki@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:41
Last Modified: 20 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82692

Actions (login required)

View Item View Item