HAFIZAH SYAMIMI, - (2024) PENERAPAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN AMANAH TARBIYAH ISLAMIYAH REMPAK KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada muatan pembelajaran IPA, melalui model pembelajaran RADEC di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Amanah Tarbiyah Islamiyah Rempak Kabupaten Siak. Kepercayaan diri merupakan salah satu indikator Kompetensi Inti aspek sosial (KI-2) yang harus dikembangkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 18 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran RADEC dan pemahaman konsep. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase pemahaman konsep siswa hanya 46,33% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah model pembelajaran RADEC dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama persentasenya naik menjadi 52%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 65%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga pemahaman konsep siswa juga meningkat menjadi 74,13% dan pada pertemuan keempat persentasenya mencapai 81% atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Amanah Tarbiyah Islamiyah Rempak Kabupaten Siak. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran RADEC
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2024 01:56 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2024 01:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82675 |
Actions (login required)
View Item |