Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI STRATEGI MARKETING MIX PADA TOKO BUKU TAFAQQUH KOTA PEKANBARU PERSFEKTIF EKONOMI SYARIAH

RISKI MULIA ADAHA, - (2024) EVALUASI STRATEGI MARKETING MIX PADA TOKO BUKU TAFAQQUH KOTA PEKANBARU PERSFEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riski Mulia Adaha (2024): Evaluasi Strategi Marketing Mix Pada Toko Buku Tafaqquh Kota Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan penjualan yang signifikan selama tiga tahun terakhir di Toko Buku Tafaqquh kota Pekanbaru. Pada tahun 2021, total penjualan mencapai Rp.1.333.595.538, namun menurun menjadi Rp.983.708.500 pada tahun 2022, dan Rp.921.297.216 pada tahun 2023, Hal ini menunjukkan penurunan sekitar 30,89% dari tahun 2021 hingga 2023. Penurunan ini menandakan perlunya evaluasi untuk menentukan efektivitas strategi marketing mix yang diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Toko Buku Tafaqquh Kota Pekanbaru. Subjek pada penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan Toko Buku Tafaqquh Kota Pekanbaru. Informan pada penelitian ini berjumlah satu orang yaitu pimpinan atau penanggungjawab Toko Buku Tafaqquh Kota Pekanbaru. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknis penuliisan menggunakan deskriptif, induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Buku Tafaqquh telah menerapkan strategi pemasaran yang mencakup segmentasi pasar (segmentation), penentuan pasar sasaran (targeting), dan posisi pasar (positioning), serta marketing mix yang meliputi tempat (place), harga (price), produk (product), dan promosi (promotion). Toko buku Tafaqquh melakukan evaluasi pada setiap bulannya. Pada evaluasi konteks toko buku Tafaqquh mengevaluasi tren penjualan dan musiman penjualan, sedangkan evaluasi input mengevaluasi produk yang best seller, harga dan diskon. Evaluasi proses mengidentifakasi produk yang laris bulan ini, mengevaluasi standar operasional prosedur dan mengevaluasi penetapan harga, dan pada evaluasi produk toko buku Tafaqquh mengevaluasi penjualan produk, grafik penjualan, kepuasan pelanggan, penetapan harga dan diskon. Tinjauan ekonomi syari’ah dengan pendekatan estetis (Rabbaniyah), etis (Akhlaqiyyah), realistis (Al-Waqiyyah), dan humanistis (Insaniyyah). Toko buku tafaqquh menerapkan etika dalam berbisnis seperti memberikan harga yang adil, mengikuti harga yang disarankan penerbit dan memiliki responsif yang cepat terhadap pelanggan. Kata Kunci : Evaluasi, Strategi Marketing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZURAIDAH, -2013087101zuraidah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUSRIFAH, -2010079101musrifah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 04:29
Last Modified: 20 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82669

Actions (login required)

View Item View Item