Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PERBAIKAN TATA LETAK PENYUSUNAN OBAT MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE (Studi Kasus: Gudang Apotek ABC)

DINDA LEVIA RAMADANI, - (2024) PENERAPAN ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PERBAIKAN TATA LETAK PENYUSUNAN OBAT MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE (Studi Kasus: Gudang Apotek ABC). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB 4 DAN 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gudang Apotek ABC saat ini masih menggunakan cara konvensional sehingga pola layout gudangnya masih berdasarkan abjad. Berdasarkan pola layout saat ini ada ditemukan masalah yakni picker saat mengambil obat kesulitan dalam mencari obat dan sering terjadi kesalahan pengambilan obat yang disebabkan jarak antar obat yang tidak berdekatan. Maka konsep Association rule dibutuhkan pada penyelesaian masalah untuk mendapatkan aturan dan pola yang dibutuhkan. Pada penelitian ini penerapan Association Rule digunakan untuk menentukan pola permintaan cabang outlet menggunakan algoritma apriori pada data permintaan kebutuhan obat di Gudang Apotek ABC. Setelah didapatkan pola permintaan maka dilakukan penyusunan tata letak barang yang sudah diketahui barang yang harus diletakkan secara bersamaan karena memiliki hubungan asosiasi yang kuat menggunakan aturan dedicated storage. Pengolahan data dilakukan menggunakan software RapidMiner, berdasarkan percobaan yang telah dilakukan peneliti merekomendasikan menggunakan minimum support 30% dan confidence 80% menghasilkan 3 kombinasi tertinggi yang mengandung 13 kategori obat dari 15 kategori. Usulan tata letak penyimpanan gudang telah dibuat dan hasilnya dengan total 32 rak yang pada awalnya 24 rak dan 2 rak alat kesehatan detail usulan tata letak penyimpanan dapat dilihat bahwa satu rak memiliki 9 slot keatas dan tata letak di susun berdasarkan kategori obat dengan diletakkan berbeda warna masing-masing kategorinya dan mempertimbangkan hubungan antar obat yang paling sering dibeli bersamaan disusun berdekatan berdasarkan association rule. Kata Kunci: Gudang, Apotek ABC, Association Rule, Dedicated Storage, Tata Letak Gudang iii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRIANI SURYYA LUBIS, --fitriani.surayya.l@uin-suska.ac.id
Thesis advisormuhammad isnaini hadiyul umam, -2030129101muhammad.isnaini@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:39
Last Modified: 20 Jul 2024 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82665

Actions (login required)

View Item View Item