NUR ADDNA, - (2024) STRATEGI PEMASARAN MELALUI LIVE APLIKASI TIKTOK SHOP DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN TOKO DILA COLLECTION PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
||
|
Text
SKRIPSI NUR ADDNA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Addna (2024) : Strategi Pemasaran Melalui Live Aplikasi Tiktok Shop Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Toko Dila Collection Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Didalam jual beli online terdapat salah satu strategi penjualan yaitu Live streaming tiktok Shop. Live streaming tiktok Shop adalah penjual mempromosikan dan menjual produk secara lansung kepada penoton melalui siaran lansung di platform tiktok. Mereka dapat berinteraksi dengan penonton secara real time. Hal ini dilakukan oleh Toko Dila Collection Pekanbaru untuk meningkatkan jumlah konsumen. Dilihat dari data jumlah konsumen pada tahun 2022 sebelum menggunakan live tiktok jumlah konsumen sebanyak 12%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran melalui live aplikasi tiktok shop dalam meningkatkan jumlah konsumen pada Toko Dila Collection Pekanbaru, dan meninjau kendala kendala-kendala dalam meningkatkan jumlah konsumen serta untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran yang dilakukan Toko Dila Collection Pekanbaru. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan Data primer yaitu data yang diperoleh dari subjek penelitian yang didapat dari pemilik dan karyawan toko yang diteliti seperti, data konsumen dan data penjualan di toko Dila Collection Pekanbaru. Data sekunder yang dipakai yaitu merupakan jurnal penelitian, artikel, dan buku-buku yang berkaitan dengan penjualan Live Streaming tiktok Shop. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu data data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah konsumen sesudah menggunakan strategi pemasaran melalui live aplikasi tiktok terjadi peningkatan sebesar 75% dan peningkatan pada penjualan sebesar 43,9%. Berdasarkan tinjauan Ekonomi syariah Toko Dila Collection Pekanbaru sudah melakukan penjualan sesuai dengan syariah Islam. Hal ini dapat dilihat pada strategi penjualan yang dilakukan oleh toko dengan adanya Unsur Kemudahan dalam bertransaksi, meminimalisir penipuan(Gharar),Rabbaniyyah dan Alwaqiyyah membuat transaksi menjadi tercercaya dan terhindar dari penipuan. Oleh karena itu Strategi pemasaran melalui live aplikasi tiktok shop tersebut sah dan sesuai dengan perspektif ekonomi syariah. Kata Kunci : Strategi pemasaran, Live Aplikasi Tiktok Shop, Ekonomi Syari’ah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2024 05:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2024 05:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82656 |
Actions (login required)
View Item |