Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SANSANI MENGGUNAKAN SERVICE QUALITY METODE COSTUMER STATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Anggi Lisa Saputri, Lisa (2024) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SANSANI MENGGUNAKAN SERVICE QUALITY METODE COSTUMER STATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). JURNAL BATANGHARI JAMBI (20).

[img]
Preview
Text
Full Repository Anggi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit X dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Berdasarkan hasil pengolahan data, nilai Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh adalah sebesar 76,435%, yang termasuk dalam kategori "Puas." Namun, masih terdapat sejumlah pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diterima, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan rawat jalan. Analisis lebih lanjut menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) mengungkapkan atribut-atribut yang memerlukan perhatian khusus. Atribut-atribut yang berada dalam Kuadran I diagram kartesius IPA, yang menunjukkan prioritas perbaikan, meliputi A2, A6, A12, A13, dan A15. Rekomendasi untuk perbaikan mencakup penambahan fasilitas seperti tempat air minum, area bermain anak, dan kursi cadangan untuk pasien yang mengantri. Selain itu, diperlukan perancangan SOP yang sesuai dengan jadwal dokter untuk menghindari bentrok jadwal, serta pelatihan rutin mengenai layanan unggul (service excellence) bagi tenaga medis dan staf rumah sakit. Implementasi dari rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit X. Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Rawat Jalan, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Rumah Sakit X.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitriani Surayya Lubis, -2022129002fitriani.surayya@.l@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSuherman, -2001038401Suher_aje@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:45
Last Modified: 19 Jul 2024 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82605

Actions (login required)

View Item View Item