Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI FUNGSI LEMBAGA ADAT DALAM MENGEMBANGKAN NILAI – NILAI DEMOKRASI PADA PEMUDA MELAYU KELURAHAN PELINTUNG KECAMATAN MEDANG KAMPAI KOTA DUMAI

AISYAH, - (2024) IMPLEMENTASI FUNGSI LEMBAGA ADAT DALAM MENGEMBANGKAN NILAI – NILAI DEMOKRASI PADA PEMUDA MELAYU KELURAHAN PELINTUNG KECAMATAN MEDANG KAMPAI KOTA DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Aisyah Nim : 12040121294 Judul : Implementasi Fungsi Lembaga Adat Dalam Mengembangkan Nilai – Nilai Demokrasi Pada Pemuda Melayu Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penanam nilai-nilai demokrasi melalui kebudayaan kepada pemuda oleh lembaga adat, karena perkembangan zaman saat ini membuktikan bahwa nilai- nilai yang terkandung dalam budaya sudah semakin tergerus oleh zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi lembaga adat dalam mengembangkan nilai-nilai demokrasi pada pemuda Melayu kelurahan Pelintung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 informan. Pengumpulan data yaitu : wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Dengan membina dan mengadakan festival dan perlombaan untuk masyarakat, terutama pemuda, lembaga adat kelurahan pelintung menjaga budaya. Mereka juga mengatur nilai-nilai budaya dengan bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat kelurahan pelintung dan mempertahankan aturan sosial. Sebagian besar orang tidak berpandangan atau menanggapi kebudayaan dengan negatif, terutama di kalangan remaja. Lembaga adat terus bekerja sama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat untuk memastikan budaya Melayu tidak hilang dari generasi muda dan tetap ada untuk generasi berikutnya. Penanaman nilai demokrasi melalui lembaga adat mengajarkan masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain dalam masyarakat dan negara. Musyawarah adalah cara untuk mencapai kesepakatan dan memecahkan masalah masyarakat. Melaksanakan keputusan yang dibuat bersama dengan penuh tanggung jawab. Kata kunci : Implementasi, Lembaga Adat, Nilai Demkorasi, Pemuda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarusman2013087002darusman@uin-suska.c.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:50
Last Modified: 19 Jul 2024 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82595

Actions (login required)

View Item View Item