Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEGIATAN STUDY CLUB (KELOMPOK BELAJAR) DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Hasma Dewi (2013) PENGARUH KEGIATAN STUDY CLUB (KELOMPOK BELAJAR) DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012931.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Kegiatan Study Club (kelompok Belajar) Di Sekolah (variabel bebas/independen atau variabel X) dan Hasil Belajar Siswa (variabel dependen/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan study club (kelompok belajar) di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang tergabung dalam study club (kelompok belajar) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh study club (kelompok belajar) di sekolah terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru . Populasinya adalah seluruh siswa yang tergabung dalam study club (kelompok belajar) yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data diambil dengan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statisca Product and Service Solutions) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh kegiatan study club (kelompok belajar) di sekolah terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, dengan kontribusi kegiatan study club (kelompok belajar) di sekolah sebesar 0,258 X 100% = 25,8% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dimana ro (observasi) = 0,508 lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,320 < 0,508 > 0,413 ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:36
Last Modified: 12 Oct 2016 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item View Item