Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMIKIRAN ABDUL KARIM AL-JILLI (1365-1422 M) TERHADAP INSAN KAMIL SYEKH MUHAMMAD NAFIS AL-BANJARI (1735-1812 M)

NAUFAL IKRAM, - (2024) PENGARUH PEMIKIRAN ABDUL KARIM AL-JILLI (1365-1422 M) TERHADAP INSAN KAMIL SYEKH MUHAMMAD NAFIS AL-BANJARI (1735-1812 M). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pengaruh pemikiran Abdul Karim al-Jilli terhadap insan kamil Syekh Muhammad Nafis al-Banjari. Namun, belum adanya kajian yang signifikan terhadap pengaruh yang diterima Syekh Muhamad Nafis al-Banjari dari sosok Abdul Karim al-Jilli terkhusus di Indonesia, sehingga perlu dilakukan penelitian secara signifikan tentang permasalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-analisis untuk mengkaji dua permasalahan, yaitu konsep insan kamil Abdul Karim al-Jilli (Tajalli Ilahi, Martabat Tujuh dan Nur Muhammad) dan Syekh Muhammad Nafis al-Banjari (Tauhid al-Ma’rifah, Martabat Tujuh dan Nur Muhamad ) serta pengaruh Abdul Karim al-Jilli terhadap insan kamil Syekh Muhammad Nafis al-Banjari. Pengkajian terhadap sumber-sumber yang ada, baik berasal dari karya-karya Abdul Karim al-Jilli dan Syekh Muhammad Nafis al-Banjari, maupun dari tulisan-tulisan yang serupa dengan kajian ini. Insan kamil yang telah dipaparkan oleh Syekh Muhamad Nafis al-Banjari tentang Tauhid al-Ma’rifah, Martabat Tujuh dan Nur Muhamad, tidak terlepas dari pengaruh yang Abdul Karim al-Jilli yang juga membahas mengenai kajian konsep insan kamil. Kata Kunci: Abdul Karim al-Jilli, Syekh Muhammad Nafis al-Banjari, Insan Kamil, pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfrizal, -2015105901afrizal@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSaifullah, -2002046601saifullah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah dan Filsafat
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:14
Last Modified: 19 Jul 2024 06:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82492

Actions (login required)

View Item View Item