Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD ISLAM AL-HUSNAYAINI PEKANBARU

Redha Fadilla, Redha (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD ISLAM AL-HUSNAYAINI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa melalui strategi pembelajaran critical incident di kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 25 siswa kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru, dan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran critical incident dan kemampuan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran critical incident dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai rata-rata 56,2 dengan kategori kurang, lalu meningkat pada siklus 1 menjadi 76,1 dengan kategori cukup, dan meningkat kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,7 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran critical incident dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa di kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLusi Komala Sari, -2002118501UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:07
Last Modified: 19 Jul 2024 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82484

Actions (login required)

View Item View Item