Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTEGRATED MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING MENGGUNAKAN METODE BEST WORST METHOD (BWM) DAN PROFILE MATCHING PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEGAWAI (SIMEGA) UNTUK SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN BARU

FARRAS, ALHAFIZH (2024) INTEGRATED MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING MENGGUNAKAN METODE BEST WORST METHOD (BWM) DAN PROFILE MATCHING PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEGAWAI (SIMEGA) UNTUK SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB 1,2,3,5.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses seleksi dan perekrutan karyawan adalah tindakan penting yang mendukung pengelolaan sumber daya manusia suatu perusahaan. Proses seleksi dan perekrutan karyawan adalah proses awal untuk mendapatkan sumber daya manusia yang handal dan kompeten. Yayasan Generasi Umat Terbaik Riau adalah Yayasan Islam yang bergerak di bidang pendidikan. Yayasan Generasi Umat Terbaik Riau melakukan proses seleksi dan perekrutan karyawan sebagai salah satu prosedur untuk melakukan manajemen sumber daya manusia. Proses seleksi dan perekrutan karyawan dilakukan ketika salah satu unit yayasan membutuhkan penambahan karyawan. Proses seleksi dan perekrutan karyawan memiliki serangkaian prosedur dan standar penilaian dalam merekrut karyawan, sehingga membutuhkan rekomendasi keputusan dalam merekrut karyawan yang diseleksi. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan modul untuk mengelola proses rekrutmen pegawai baru pada Sistem Informasi Manajemen Pegawai (SIMEGA) untuk memberikan rekomendasi calon karyawan yang akan di rekrut oleh Yayasan Generasi Umat Terbaik. Sistem ini mengimplementasi metode Best Worst Method (BWM) dan Profile Matching untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dari hasil perekrutan karyawan baru pada modul tersebut. Penelitian ini menggunakan tujuh kriteria yaitu penampilan, kedisiplinan, pemahamn islam kaffah, pendidikan, pengalaman, komunikasi, dan kemampuan teknis. Sistem dibuat menggunakan Bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Berdasarkan pengujian dengan metode blackbox, kesesluruhan komponen sistem telah berjalan sesuai rancangan awal. Pengujian dengan metode User Acceptance Test, sistem pendukung keputusan seleksi calon karyawan di Yayasan Generasi Umat Terbaik Riau mendapatkan total nilai keseluruhan sebesar 81,5% dari 11 responden dengan kategori “Sangat Bagus”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorOKFALISA, -2028107701okfalisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:55
Last Modified: 19 Jul 2024 05:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82470

Actions (login required)

View Item View Item