Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERILAKU GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KAMPAR

REVINA ILKA, - (2024) PENGARUH PERILAKU GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara perilaku guru terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTsN 4 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Motivasi belajar siswa yang masih rendah atau belum maksimal, belum adanya penghargaan dalam belajar dan masih kurang adanya dorongan dalam belajar dari lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 4 Kampar yang berjumlah 200 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 133 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data pengaruh perilaku guru terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTsN 4 Kampar tergolong sangat baik dengan persentase 80,73%, sedangkan motivasi belajar IPS siswa di MTsN 4 Kampar tergolong sangat baik yaitu persentase 87,3%. Sedangkan hasil uji korelasi menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku guru terhadap motivasi belajar IPS siswa. dapat dilihat bahwa r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1 % ( 0,174 < 0,234 > 0,228) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun perentase pengaruh perilaku guru terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 4,6% Sedangkan sisanya 95,4% (100%- 4,6%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEmilia Susanti, -2006077604emilia.susanti067@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 08:55
Last Modified: 21 Jul 2024 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82465

Actions (login required)

View Item View Item