Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM FILM SABTU BERSAMA BAPAK KARYA ADHITYA MULYA TINJAUAN PRAGMATIK SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XI

CHAIRINI AMALIA, - (2024) ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM FILM SABTU BERSAMA BAPAK KARYA ADHITYA MULYA TINJAUAN PRAGMATIK SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

CHAIRINI AMALIA (2024) : ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM FILM SABTU BERSAMA BAPAK KARYA ADHITYA MULYA TINJAUAN PRAGMATIK SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis dan fungsi tindak tutur perlokusi yang terdapat pada film Sabtu Bersama Bapak dan sinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XI. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Sabtu Bersama Bapak memiliki tindak tutur perlokusi representatif 22 data meyakinkan, 6 data menasehati, 4 data memberi saran, 2 memberi informasi; tindak tutur direktif 25 data permintaan, 29 data perintah, 2 data menolak dan 5 data melarang; tindak tutur komisif 4 data membuat mitra tutur berjanji dan 3 data menjanjikan; tindak tutur ekspresif 6 data membuat senang, 5 data meminta maaf, 4 data membuat jengkel, 1 data menyindir, 1 data mengeluh, 3 data memuji dan 2 data menguatkan; tindak tutur deklaratif 1 data perintah dan 1 data melarang. Maka, dapat disimpulkan bahwa tindak tutur perlokusi yang paling sering digunakan oleh tokoh dalam film Sabtu Bersama Bapak adalah tindak tutur perlokusi direktif yang memberikan efek kepada mitra tutur untuk melakukan suatu tindakan. Adapun penelitian ini dapat dijadikan sebagai materi ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI dalam memahami teks drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan yang tepat sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada T.P 3.19 yaitu mengidentifikasi isi dan kebahasaan teks drama. Kata Kunci: Tindak Tutur Perlokusi, Relevansi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRizki Erdayani, -2030089501Rizkierdayani@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:04
Last Modified: 19 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82451

Actions (login required)

View Item View Item