Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KEAKTIFAN BERDISKUSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH ISTIQOMAH RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Ibnu Saiul (2012) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERDISKUSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH ISTIQOMAH RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012872.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi Hubungan Keaktifan Berdiskusi Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Hubungan Keaktifan Berdiskusi Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 28 orang. Karena jumlah siswa tidak terlalu besar maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, dan variabel Y bersifat interval, maka penulis menggunakan rumus Product moment dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 16.00. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan yang Signifikan Keaktifan berdiskusi Dengan Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis, hal ini dikarenakan rxy = 0,752 lebih besar dari rt pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti Keaktifan berdiskusi mempunyai hubungan Dengan Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:57
Last Modified: 12 Oct 2016 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8244

Actions (login required)

View Item View Item