Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA BAGAN LAGUH KECAMATAN BUNUT KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 3 TAHUN 2024 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Abel Alwi, Abel (2024) PERANAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA BAGAN LAGUH KECAMATAN BUNUT KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 3 TAHUN 2024 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan antara instansi masyarakat seperti jejeran perangkat desa dengan masyarakat yang secara khusus membahas tentang pelaksanaan pembangunan desa bagan laguh kecamatan bunut dalam perannya sebagai kepala desa memiliki tujuan dalam rangka mewujudkan atau pembangunan yang baik dan prioritas bagi masyarakat. Keberhasilan pembangunan suatu desa tidak terlepas dari peran kepala desa serta seluruh komponen masyarakat, desa yang maju dilihat dari sarana dan prasarana yang memadai. Di Desa Bagan Laguh terdapat suatu pembangunan yang belum berjalan, padahal pembangunan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat banyak dan menjadi kebutuhan primer. Adapun tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui peran kepala desa dalam melaksanakan pembangunan Desa Bagan Laguh Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan.Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam melaksanakan pembangunan desa tersebut.Untuk mengetahui perspektif Fiqh Siyasah terhadap peran Kepala Desa dalam melaksanakan pembangunan Desa Bagan Laguh Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Desa Bagan Laguh Kecamatan Bunut, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data primer. Data skunder, data yang didapat dari buku, dokumentasi yang terkait langsung dengan permasalahan yang diteliti, kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Mengenai peran, tugas dan kewenangan Kepala Desa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa belum terealisasi secara maksimal dalam bidang pembangunan desa, tugasnya secara umum kurang optimal sehingga kurang amanah dan kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas bedasarkan wewenang dan kewajibannya sebagai kepala desa. Adapun faktor penghambat terhadap tidak maksimalnya dalam pembangunan desa,yaitu kurangnya anggaran, SDM, kurangnya kesadaran masyarakat. Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Peran Kepala Desa Bagan Laguh Kecamatan Bunut sudah sesuai, namun belum berjalan secara maksimal, masih memerlukan evaluasi dan trobosan baru dalam pelaksanaan pembangunan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJohari, -2020036401Johari@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRudiadi,, -2004089004rudiadi.r@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Desa, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024, Pembangunan Desa, Fiqh Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:48
Last Modified: 17 Jul 2024 05:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82433

Actions (login required)

View Item View Item