Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI NETNOGRAFI PADA CHANEL YOUTUBE SATU PERSEN KONTEN "PSYCHOLOGY OF FINANCE" SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGEMBANGAN DIRI

: Briyan ilham pratama, Briyan (2024) STUDI NETNOGRAFI PADA CHANEL YOUTUBE SATU PERSEN KONTEN "PSYCHOLOGY OF FINANCE" SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGEMBANGAN DIRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Literasi keuangan yang perlu dikuasai setiap individu untuk mengelola keuangan pribadi secara efektif. Namun, tingkat literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah, yang menjadi tantangan signifikan dalam upaya pengembangan diri masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana channel YouTube "Satu Persen" berfungsi sebagai media informasi dalam pengembangan diri melalui pendekatan studi netnografi tematik.Penelitian ini menggunakan teory konsep netnografi yang dikembangkan oleh Robert V. Kozinets. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.Melalui teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi penelitian ini mencakup lima tahapan utama dari proses netnografi:proses interaksi, investigasi, imersi, integrasi, dan inkarnasi. Tahapan ini digunakan untuk menganalisis interaksi antara pengguna dengan konten yang disajikan oleh chanel youtube “satu persen”, serta bagaimana interaksi tersebut berkontribusi pada pengembangan diri para pengguna.Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya lima kecenderungan utama dalam komunitas pengguna chanel youtube tersebut: (1) Apresiasi dan inspirasi dari konten "Satu Persen"; (2) Persetujuan terhadap materi video; (3) Pengungkapan kondisi sosial saat ini; (4) Menceritakan pengalaman pribadi; dan (5) Pengungkapan pandangan pribadi. Temuan ini mengindikasikan bahwa chanel "Satu Persen" efektif sebagai media pengembangan diri, berkontribusi pada pembentukan komunitas yang saling mendukung dan berbagi pengalaman terkait pengembangan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUsmanUNSPECIFIED1026058602
Uncontrolled Keywords: Youtube,Netnografi,Pengembangan diri
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:51
Last Modified: 18 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82431

Actions (login required)

View Item View Item