Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI (SELF ACCEPTANCE) DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DI RSJ TAMPAN PROVINSI RIAU

MARDHIAH AMIR MZ, - (2024) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI (SELF ACCEPTANCE) DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DI RSJ TAMPAN PROVINSI RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (Bab Gabungan)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

MARDHIAH AMIR MZ (2024) : HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI (SELF ACCEPTANCE) DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DI RSJ TAMPAN PROVINSI RIAU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerimaan diri (selfacceptance) dan kecerdasan emosi dengan kecemasan menghadapi pensiun di RSJ Tampan Provinsi Riau yang akan menghadapi pensiun paling lama 4 tahun kedepan. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 105 orang. Data dikumpulkan melalui skala penerimaan diri (self-acceptance) yang telah di modifikasi dari skala Dina (2021) yang mengusul teori shereer (1949), skala kecerdasan emosi yang telah di modifikasi dari skala Amalia (2023) yang mengusul teori Goleman (2015) dan skala kecemasan menghadapi pensiun yang telah di modifikasi dari skala Prasoja (2013) yang mengusul teori Nevid (2014). Hasil analisis data dan pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan metode SPSS versi 26.0 for windows menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negative antara penerimaan diri dan kecerdasan emosi dengan kecemasan menghadapi pensiun. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi penerimaan diri dan kecerdasan emosi maka kecemasan menghadapi pensiun semakin rendah. Hubungan variabel penerimaan diri (self acceptance) terhadap kecemasan menghadapi pensiun sebesar -71,5, (p-value0,000) dan hubungan varibel kecerdasan emosi terhadap kecemasan menghadapi pensiun sebesar -70,8 (pvalue0.000). Sementara korelasi antara penerimaan diri dan kecerdasan emosi terhadap kecemasan menghadapi pensiun sebesar 64,4, (pvalue0.000). Kata Kunci: Penerimaan diri (self-acceptance), Kecerdasan emosi, Kecemasan Menghadapi pensiun.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 30 Jul 2024 00:53
Last Modified: 30 Jul 2024 00:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82430

Actions (login required)

View Item View Item