Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan E-Modul Berbentuk Flipbook Pada Materi Perdagangan Internasional Untuk Memfasilitasi Belajar Siswa MTs Dar El-Hikmah Pekanbaru

Dewanti Regita Hapsari,, - (2024) Pengembangan E-Modul Berbentuk Flipbook Pada Materi Perdagangan Internasional Untuk Memfasilitasi Belajar Siswa MTs Dar El-Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dewanti Regita Hapsari, (2024): Pengembangan E-Modul Berbentuk Flipbook Pada Materi Perdagangan Internasional Untuk Memfasilitasi Belajar Siswa MTs Dar El-Hikmah Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan E-modul berbentuk Flipbook pada materi perdagangan internasional untuk memfasilitasi belajar siswa MTs Dar El-Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya fasilitas bahan ajar digital. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII dan objek penelitian ini adalah E-modul berbentuk Flipbook. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen, lembar validasi E-modul oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafika. Instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa. Berdasarkan uji validitas, E-modul berbentuk Flipbook dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan oleh ahli materi dengan nilai 88,00% kategori sangat valid, bahasa dengan nilai 98,52% kategori sangat valid, dan grafika dengan nilai 89,33% kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan dua tahap yakni uji kelompok kecil dan besar. Uji kelompok kecil melibatkan 10 siswa dengan hasil 87,40% kategori sangat praktis. Uji coba kelompok besar melibatkan 35 siswa dengan hasil 84,74% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukan bahwa penggunaan E-modul lebih aktif dibandingkan aktivitas belajar siswa yang tidak menggunakan E-modul sehingga E-modul yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: E-Modul, Flipbook, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviarni, -2023018402noviarni23@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:31
Last Modified: 21 Jul 2024 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82374

Actions (login required)

View Item View Item