Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAMALAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KEDELAI YANG OPTIMAL DALAM PRODUKSI TEMPE MENGGUNAKAN METODE EOQ (Studi Kasus: UKM Marlianis)

SAHIBUL AMRI, - (2024) PERAMALAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KEDELAI YANG OPTIMAL DALAM PRODUKSI TEMPE MENGGUNAKAN METODE EOQ (Studi Kasus: UKM Marlianis). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING.

[img]
Preview
Text
JURNAL AMRI UIN SUSKA RIAU REPO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UKM Marlianis merupakan usaha industri rumah tangga yang bergerak pada pengolahan kedelai menjadi tempe. UKM Marlianis melakukan pembelian kedelai menggunakan kebijakan konvensional tanpa melihat banyaknya penjualan sehingga terjadi kelebihan dan kekurangan kedelai dalam produksi tempe. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan metode peramalan bahan baku yang tepat dengan cara membandingkan dua metode. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode peramalan exponential smoothing dan trend projection. Nilai alpha (α) yang digunakan dalam metode exponential smoothing adalah 0.1 dan trend projection. Hasil peramalan dengan kedua metode tersebut kemudian diuji tingkat kesalahannya. Diantara 2 peramalan, metode dengan nilai kesalahan terkecil adalah exponential smoothing dengan nilai MAD = 374.38, MSE = 313445.7 dan MAPE = 7,1%. Kemudian dilakukan pencarian total biaya persediaan menggunakan metode EOQ. Kata kunci: Exponential Smoothing, Trend Projection, Least Square, EOQ

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMISRA HARTATI, -2027058203misrahartati@uin-suska.ac.id
Thesis advisormuhammad isnaini Hardiyatul Umam, -2030129101m.isnainihardiatul@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:10
Last Modified: 17 Jul 2024 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82348

Actions (login required)

View Item View Item