SOPHIE OCTAVIANTY, - (2024) PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA PADA PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SOPHIE OCTAVIANTY GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sophie Octavianty (2024) : Pemanfaatan Laboratorium Maya pada Portal Rumah Belajar Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Asam Basa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya pelaksanaan kegiatan praktikurm di laboratorium dikarenakan memiliki beberapa masalah sehingga pengukuran keterampilan proses sains siswa di MA Al-Kifayah Riau masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa menggunakan laboratorium maya pada Portal Rumah Belajar pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Umar bin Khattab MA Al-Kifayah Riau yang berjumlah 20 orang. Teknik pengampilan sampel dalam penelitian ini dengan Simple Random Sampling. Hasil uji N-Gain menunjukkan rerata-rata keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan sebesar 0,624 dengan kategori sedang, dan pada hasil uji T pada nilai pretest-posttest siswa terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai sig <0,05 yaitu 0,01. Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Laboratorium Maya, Portal Rumah Belajar, Indikator Asam Basa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:37 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:38 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82311 |
Actions (login required)
View Item |