Dwiki Darmawan,, - (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbantuan Unity 3D Pada Pembalajaran IPAS Terintegrasi Islam pada Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Dwiki Darmawan, (2024): Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbantuan Unity 3D Pada Pembalajaran IPAS Terintegrasi Islam pada Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang berkembang dikalangan siswa.Tetapi pada kenyataannya penggunaan teknologi didalam proses pembelajaran sangat kurang dan juga dalam proses pembelajaran tidak adanya materi pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keIslaman. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbantuan Unity 3D pada materi mata dan alat optik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil validasi game edukasi berbantuan Unity 3D secara keseluruhan sudah dinyatakan sangat valid dengan persentase 89% dengan nilai validasi oleh ahli materi sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Penilaian ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Sedangkan penilaian yang diperoleh dari ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Penilaian ahli keIslaman diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Setelah valid game edukasi dinilai oleh guru untuk diukur kepraktisannya dan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Mayoritas siswa dari 24 siswa didapatkan sebanyak 13 siswa atau 54,1% dengan kategori cukup valid, sebanyak 9 siswa atau 37,5% dengan kategori efektif dan sebanyak 2 siswa atau 8,3% dengan kategori kurang efektif. Kata Kunci : Game Edukasi, Unity 3D, Mata dan Alat Optik, Terintegrasi Islam
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82289 |
Actions (login required)
View Item |