NURGIANI, - (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV NURGIANI.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari dari kemampuan komunikasi masih rendah di Indonesia secara umum berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu. Adapun tinjauan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat ada atau tidaknya pengaruh ETH terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI SMA Negeri 2 Tambang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling kelas XI.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket Self confidence , lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran ETH dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian, kemampuan komunikasi peserta didik yang mengikuti pembalajaran ETH lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi ETH dengan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ETH berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self confidence peserta didik SMA Negeri 2 Tambang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 08:47 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:47 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82264 |
Actions (login required)
View Item |