Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI KIMIA LARUTAN PENYANGGA

WIDYA HIDAYAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI KIMIA LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
BAB IV- WIDYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDYA HIDAYAH REVISI SIDANG.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widya Hidayah (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Materi Kimia Larutan Penyangga Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam mempelajari ilmu kimia. Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik saat ini masih tergolong rendah sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model Discovery Learning (DL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 di kelas XI kimia SMA Negeri 2 Tambang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan desain yang digunakan adalah Pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui besar pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,002 kecil dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata posttest keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen sebesar 80,21 dan kelas kontrol sebesar 72,64, sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Uji koefisien determinasi diperoleh nilai (r ) = 0,130 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning (DL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi larutan penyangga sebesar 13%. 2 Kata Kunci: Discovery learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMiterianifa, -2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:05
Last Modified: 18 Jul 2024 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82258

Actions (login required)

View Item View Item