SUCI DELFI YANTI, - (2024) PENGARUH LAYANAN SHOPEEFOOD TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA KULINER DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (GABUNGAN KECUALI BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV SUCI.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN SUCI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
Abstract
Suci Delfi Yanti, (2024): Pengaruh Layanan Shopeefood Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Layanan shopeefood adalah sebuah sarana yang menghubungkan konsumen dengan usaha kuliner/restoran secara daring. Platform ini menyediakan dan menampilkan restoran dikawasan tertentu sesuai lokasi konsumen. Konsumen dapat langsung melihat menu, memesan, hingga melakukan pembayaran melalui aplikasi digital. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) apakah layanan shopeefood (Salurn Komunikasi, Waktu, Sistem Sosial) berpengaruh terhadap penjualan usaha kuliner di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru? dan (2) bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap layanan shopeefood dan penjualan usaha kuliner? Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Layanan Shopeefood Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Usaha Kuliner di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dan menjelaskan tentang layanan shopeefood dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 325 pemilik usaha dan jumlah sampel 65 orang, ditentukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian dengan bantuan software SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa nilai R Square = 0,402 atau 40,2%. Maka layanan Shopeefood (Saluran Komunikasi (X1), Waktu (X2), dan Sistem Sosial (X3)) berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan (Variabel Y) sebesar 40,2% dan sisanya (100% - 40,2% = 59,8% ) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Menurut ekonomi syariah dalam jual beli diwajibkan sesuai dengan aturan-aturan dan hukumnya dan juga sesuai dengan syarat dan rukun yang terdapat dalam Al-Quran, sunnah, dan hadist. Transaksi harus dilakukan dengan transparansi dan kejujuran, termasuk dalam layanan seperti Shopeefood, di mana kejelasan mengenai harga, kualitas produk, serta biaya tambahan harus selalu disampaikan dengan jelas kepada konsumen. Kata kunci: Layanan Shopeefood, Peningkatan Penjualan, Usaha Kuliner, Analisis Regresi Linier Berganda
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82235 |
Actions (login required)
View Item |