Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA

AUDRY SURANTI FARKHATAINI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau berdasarkan resiliensi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapung tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif, lembar angket resiliensi matematis siswa, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAde Irma, -2018088701ade.irma@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 00:59
Last Modified: 17 Jul 2024 00:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82154

Actions (login required)

View Item View Item