Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PERTEMUAN BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA SMP AL-FARUQI KAMPAR

FANNY FITRI SARITA, - (2024) EFEKTIVITAS PERTEMUAN BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA SMP AL-FARUQI KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS FANNY FITRI SARITA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fanny Fitri Sarita,(2024):Efektivitas pertemuan bahasa arab dan bahasa indonesia untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa SMP Al-Faruqi Kampar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental reseacrh, yang terdiri dari dua variabel yaitu Metode Pertemuan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (X) dan Penguasaan mufradat (Y) di SMP Al-Faruqi Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Pertemuan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia ( Analisis Kontrastif ) untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa SMP Al-Faruqi Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode Pertemuan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia ( Analisis Kontrastif ) efektif untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa SMP Al-Faruqi Kampar?”. Objek dari penelitian ini adalah penguasaan mufradat siswa. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Faruqi Kampar tahun pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Faruqi Kampar yang berjumlah 230 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIIA=23 dan VIIB = 23 yang berjumlah 46 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes yang peneliti lakukan adalah dengan melakukan validitas dan realibilitas pada soal pretest, dari 25 soal yang diuji validitas, maka didapat 20 butir soal yang valid dan 5 butir soal yang tidak valid dengan nilai realibilitas 0.60 (sedang). Berdasarkan dari hasil pretest dan post test di kelas eksperimen, peneliti mendapatkan nilai 5,7 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 5,5. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung= 5,29 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1%= 2,41 dan taraf signifikan 5%= 1,68. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara metode Pertemuan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia terhadap penguasaan mufradat. Begitu juga pada tabel observasi, metode Pertemuan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia mendapatkan nilai 97,8% dengan arti bagus sekali (Jayyid Jiddan)karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data data tersebut, metode karyawisata dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa SMP Al-Faruqi Kampar. Kata kunci: Efektivitas, Metode Pertemuan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia ( Analisis Kontrastif ) , Penguasaan mufradat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNANDANG SARIP HIDAYATUNSPECIFIEDnandang.sarip.hidayat@uin-suska.ac.id
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:10
Last Modified: 17 Jul 2024 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82149

Actions (login required)

View Item View Item