Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PEKANBARU

NADIATUL HIKMA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Sikap Sosial Siswa di SMP Negeri 46 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya variasi sikap sosial siswa pada proses pembelajaran. Sikap sosial yang negatif akan memicu kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan, rendahnya rasa percaya diri siswa, rendahnya rasa toleransi siswa, kurangnya penerapan sikap santun pada siswa, kurangnya rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan rendahnya sikap jujur siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 46 Pekanbaru yang berjumlah 150 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 77 orang, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan SPSS statistic 23.0 for windows. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sikap sosial siswa pada pembelajaran IPS kelas eksperimen menggunakan model VCT (Value Clarification Technique) memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata sikap sosial siswa pada kelas eksperimen sebesar 122,49, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 99,26. Berdasarkan hasil uji hipotesis di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan diketahui nilai t_hitung 1,958 lebih besar dari t_tabel yaitu 1,665 yang berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Adapun persentase pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap sosial siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh dari hasil uji effect Size yang memperoleh nilai sebesar 0,53 (0,53 %) termasuk pada kategori Moderate Effect (Efek Sedang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEmilia Susanti2006077604emiliasusanti067@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:34
Last Modified: 17 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82135

Actions (login required)

View Item View Item