SUFI RAMADHAN ESTI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
x ABSTRAK Sufi Ramadhan Esti, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 36 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi.sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuliatatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis rendah, dimana hanya 1 orang siswa atau 2,77 pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa sangat baik, 11orang siswa atau 30,55 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa baik, 20 orang siswa atau 55,55 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa cukup baik, dan 4 orang siswa atau 11,11 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament pada siklus I, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat dimana 7 orang siswa atau 19,44 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa sangat baik, 17 orang siswa atau 47,22 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa baik, dan 12 orang siswa atau 33,33 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep cukup baik. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 17 orang siswa atau 47,22 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa sangat baik, 14 orang siswa atau 38,88 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa baik, dan 5 orang siswa atau 13,88 berada pada kategori kemampuan pemahaman konsep siswa cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V pada muatan pelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Teams Game Tournament, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:18 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:21 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82130 |
Actions (login required)
View Item |