Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGAJARAN TAJWID AL-QUR'AN DAN PENGAJARAN MAHARAH AL-QIRO’AH AL-JAHRIYAH MENGGUNAKAN METODE FONETIK DAN METODE ABJAD PADA SISWA KELAS 5 (LIMA) PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TINGKAT ULA (SD) AR ROYYAN ROKAN HULU RIAU

NURDIANTORO, - (2024) EFEKTIVITAS PENGAJARAN TAJWID AL-QUR'AN DAN PENGAJARAN MAHARAH AL-QIRO’AH AL-JAHRIYAH MENGGUNAKAN METODE FONETIK DAN METODE ABJAD PADA SISWA KELAS 5 (LIMA) PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TINGKAT ULA (SD) AR ROYYAN ROKAN HULU RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS NURDIANTORO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nordiantoro (22190714064), Judul penelitian ini adalah “Efektivitas Pengajaran Tajwid Al-Qur'an dan Pengajaran Maharah Al-Qiro’ah Al-Jahriyah Menggunakan Metode Fonetik dan Metode Abjad Pada Siswa Kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau.” Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau yang berjumlah 195 siswa dan Peneliti mengambil sampel dari populasi penelitian sekitar 15% x 195 sehingga berjumlah 29 siswa. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi langsung di lapangan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh apakah efektivitas pengajaran tajwid Al-Qur'an dan pengajaran Maharah Al-Qiro’ah Al-Jahriyah menggunakan metode fonetik dan Metode abjad pada siswa kelas 5 (lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar-Royyan Al-Islami Rokan Hulu Riau. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa metode fonetik dan metode abjad sangat efektif dalam meningkatkan pembelajaran Tajwid Al-Qur’an Al-Karim dan Pembelajaran Maharoh Al-Qiro’ah Al-Jahriyah pada siswa kelas 5 (lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar-Royyan Al-Islami Rokan Hulu Riau. Kata Kunci : Efektivitas, Pengajaran, Tajwid Al-Qur'an, Maharah Al-Qiro’ah Al-Jahriyah, Metode Fonetik, Metode Abjad.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMASRUN, -2011037701masrun@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:58
Last Modified: 17 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82127

Actions (login required)

View Item View Item