Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL ROKAN HILIR DALAM MEMPROSES PENYELESAIAN SENGKETA KEPEMILIKAN TANAH PROYEK SMALLHOLDER RUBBER DEVELOPMENT PROJECT (Studi di Kantor Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Rokan Hilir)

NURHALIMAH, - (2024) PERAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL ROKAN HILIR DALAM MEMPROSES PENYELESAIAN SENGKETA KEPEMILIKAN TANAH PROYEK SMALLHOLDER RUBBER DEVELOPMENT PROJECT (Studi di Kantor Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHALIMAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhalimah (2023): “Peran Badan Pertanahan Nasional Rokan Hilir Dalam Memproses Penyelesaian Sengketa Kepemilikan Tanah Proyek Smallholder Rubber Development Project (Studi di Kantor Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Rokan Hilir)”. Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh adanya temuan sengketa tanah di Rokan Hilir, seperti yang diungkapkan Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Rokan Hilir yang menyebutkan banyak terjadi sertifikat Smallholder Rubber Development Project secara fisik penguasaannya oleh orang lain yang menjadi polemik yang perlu pengananan dan penyelesaian terhadap kasus-kasus tersebut. Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana peran Badan Pertahanan Nasional dalam memproses penyelesaian sengketa kepemilikan tanah proyek Smallholder Rubber Development Project di wilayah kerja Kantor Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Rokan Hilir dan apa Apa saja hambatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Badan Pertahanan Nasional dalam memproses penyelesaian sengketa kepemilikan tanah proyek Smallholder Rubber Development Project di wilayah kerja Kantor Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Rokan Hilir dan apa Apa saja hambatannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian hukum sosiologis atau empiris, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara jelas dan lengkap tentang suatu keadaan atau masalah yang diteliti. Sumber yang dipakai berupa sumber data primer yaitu wawancara langsung, dan sumber data skunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa peran Badan Pertahanan Nasional dalam memproses penyelesaian sengketa kepemilikan tanah proyek Smallholder Rubber Development Project di wilayah kerja Kantor Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Rokan Hilir dilakukan dengan memproses penyelesaian sengketa kepemilikan tersebut melalui mediasi dan didapatkan selama priode tahun 2020 hingga tahun 2022 mampu menyelesaikan kasus dalam bentuk surat Rekomendasi/Bukan Kewenangan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sebanyak 4 kasus dan 1 kasus diselesaikan melalui perdamaian. Hambatannya antaralain dikarenakan sulitnya menghadirkan para pihak yang bersengketa, adanya pemikiran pihak bersengketa yang berfikir akan tetap kalah dalam proses mediasi tersebut, tidak ada iktikad baik dari masing-masing pihak yang bersengketa yang mana tidak ada niat baik untuk menghadiri maupun menyelesaikan sengketa tersebut. Perbedaan kemampuan dan pendidikan diantara para pihak, perbedaan kemampuan tersebut yang membuat tidak berjalan dengan lancar proses mediasi tersebut karna beda-beda pemikiran. Kata Kunci : Peran, BPN, Sengketa dan Tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASRIL, -2020047601asriluin@gmail.com
Thesis advisorBASIR, -2015058202basir@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:01
Last Modified: 17 Jul 2024 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82121

Actions (login required)

View Item View Item